Abrasi Ancam Jalan Menuju Wolotopo

Laporan Wartawan Pos Kupang, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM, ENDE —  Jalan menuju Desa Wolotopo dan Wolotopo Timur serta Desa Ngalupolo, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende nyaris putus akibat abrasi yang terjadi di wilayah itu. Arus lalu lintas dari Ende menuju ke tiga desa tersebut menjadi terhambat.

Kepala Desa Wolotopo Timur, Niko Dee menuturkan abrasi terjadi hampir setiap tahun. Dengan demikian, abrasi menjadi permasalahan klasik.

“Kalau terjadi abrasi maka dipastikan perjalanan warga menjadi terhambat. Selain karena abrasi perjalanan warga kerap terhambat menyusul ombak yang menerjang hingga ke badan jalan. Kalau ada ombak maka warga lantas mulai berlarian agar tidak basah atau terseret ombak pada saat hendak melewati ruas jalan tersebut,” kata Niko saat ditemui di Wolotopo, Sabtu (2/9/2012).

Dia menuturkan keberadaan ruas jalan menuju desa-desa di daerah Wolotopo maupun Ngalupolo kondisinya serba sulit untuk dilakukan perluasan.

“Kalau ke bawah ada laut lalu kalau ke atas ada bukit dan batu- batu besar. Apabila terjadi bencana alam seperti tanah longsor maka dipastikan daerah di wilayah Wolotopo menjadi terisolir dari sisi transportasi darat. Kecuali ada yang menggunakan perahu motor,” ujarnya.

Menurut Niko, keberadaan ruas jalan yang sulit menjadi kendala tersendiri bagi warga desa di Wolotopo Timur untuk membuka akses keluar daerah seperti hendak berjualan hasil bumi ke Ende. “Warga kerap menggunakan ojek untuk berpergian namun mereka harus hati-hati karena mengingat ruas jalan yang sempit diapit oleh jajaran bukit maupun batu serta laut di sekelilingnya,” kata Niko.

Niko mengatakan satu-satunya inftrastruktur yang diarasa sulit oleh warga adalah keberadaan ruas jalan menuju desa dari Kota Ende sedangkan soal listrik dan air tidak terlalu bermasalah karena sudah terpenuhi semenjak dulu. “Kalau air dan listrik tidak ada masalah sudah lama ada,” ujarnya.

Sumber : Pos Kupang
Senin, 3 September 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: