DIBALIK KEINDAHAN PANTAI NANGANESA NDONA

pantai mbu,u ndonaNanganesa, sebuah nama pantai yang terdapat di antara desa nanganesa dan desa manulondo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Pantai Nanganesa sejak lama dikenal sebagai salah satu obyek wisata di Kabupaten Ende.

Namun, pantai yang terletak di Kecamatan Ndona itu menyimpan segudang misteri tersembunyi dengan kekuatan alamnya. Masyarakat setempat percaya bahwa di pantai nanganesa ada penghuni gaib yang menjaga pantai tersebut (dalam bahasa setempat disebut Nitu) . Sehingga bagi pengunjung diminta untuk tidak berbuat yang melanggar norma-norma masyarakat setempat.

Khusus bagi masyarakat desa manulondo, pantai nanganesa merupakan salah satu tempat untuk melakukan ritual goro fata joka moka (ritual tolak bala) yang kerap dilakukan setiap tahun. Ritual yang dimulai dari perkampungan (ulu/kepala) akan berakhir di pantai nanganesa sebagai eko (ekor). Pada beberapa titik di pantai nanganesa diyakini sebagai kediaman para nitu pai (makluk ghaib) sehingga baik masyarakat setempat maupun para pengunjung pada tempat-tempat tertenut dilarang untuk mandi ataupun berenang.

Menurut masyarakat setempat, hampir setiap tahun ada korban yang hilang atau tenggelam di pantai tersebut. Ada yang ditemukan dan ada yang tidak pernah ditemukan sampai sekarang. Jika masyarakat manulondo tidak pernah membuat upacara atau seremoni adat maka sudah pasti aka nada korban dalam tahun berjalan. Sebagai contoh tanggal 31 Agustus 2012 ini ada seorang gadis dari desa tetangga (desa wolotopo) yang hilang tanpa jejak dan telah dilakukan pencarian selama tiga hari namun belum menemukan hasilnya. Pada hal jarak antara korban dan bibir laut sangat jauh dan ombak tidak dalam keadaan yang ganas.

Pada dua tahun sebelumnya dua anak kakak beradik hilang ketika mandi dikali yang bermuara ke pantai nanganesa. Sementara kondisi kali kedalamannya hanya 50 cm. namun pencarian terhadap dua anak membutuhkan waktu sehari semalam. Sehingga dengan keyakinan warga setempat, maka upaya pencarian dilakukan dengan cara telanjang (tanpa mengenakan busana) yang dilakukan pada malam hari. Sehingga dalam sekejap dua anak tersebut ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di bawah salah satu pohon. Pada hal menurut warga sejak hilang mereka juga mencari dipohon tersebut namun tidak menemukan mayat.

Inilah sekilas kekuatan alam dibalik keindahan pantai nanganesa. Sehingga bagi para pengunjung pantai nanganesa selain berhati-hati terhadap keganasan  ombak juga dihimbau untuk tidak bertindak yang senonoh dan semena-mena.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: